E COMMERCE

Era globalisasi saat ini, di zaman yang semakin maju pola hidup berbelanja masyarakat Indonesia semakin berkembang. Tekonlogi yang terus berkembang memungkinkan terjadinya transaksi jual beli secara online di internet. Berkembangnya internet membuat beberapa aspek dan kegiatan yang biasa dilakukan offline kini dapat dilakukan dengan menggunakan sistem online. Internet juga dapat menunjang efektifitas dan efesiensi operasional perusahaan, terutama peranannya sebagai sarana komunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan. Pengaruh perkembangan tersebut sangat nyata dengan semakin bertambah dan meningkatnya kebutuhan masyarakat sehari-hari baik dari kualitas maupun kuantitas. Fenomena yang terjadi pada masyarakat saat ini yaitu menuntut segala sesuatunya untuk lebih cepat, mudah dan praktis. Melalui perkembangan internet, beberapa penjual memanfaatkan peluang tersebut dengan memasarkan produknya ke masyarakat melalui E-Commerce.

 

E-Commerce hadir dengan memberikan kemudahan bertransaksi jual beli barang tanpa dibatasi oleh kendala waktu. Seseorang yang tidak memiliki waktu untuk berbelanja tidak perlu kewalahan untuk pergi berbelanja serta mengambil uang tunai di bank untuk bertransaksi, e-commerce dapat diakses dimana saja melalui handphone ataupun komputer melalui internet.

 

Kemudahan yang diberikan toko online melalui media internet juga memiliki dampak negatif bagi konsumen.  e-commerce dimanfaatkan oleh beberapa oknum penjual untuk merugikan calon pembeli yang mengaksesnya meliputi adanya pencurian informasi yang berharga, serta pembobolan rekening oleh hacker. Dampak positif dan negatif dari hadirnya bisnis toko online menghadapkan konsumen untuk melakukan berbagai pertimbangan dalam memutuskan berbelanja di toko online. Dalam penelitian ini, keputusan berbelanja online didasarkan oleh beberapa faktor diantaranya kepuasan konsumen, harga, waktu, dan kualitas produk.

 

Kepuasan konsumen merupakan salah satu alasan dimana konsumen memutuskan untuk berbelanja pada suatu tempat. Apabila konsumen merasa puas dengan suatu produk, mereka cenderung akan terus membeli dan menggunakannya serta memberitahukan orang lain tentang pengalaman mereka yang menyenangkan dengan produk tersebut. 

 

Harga merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan demi memperoleh hak kepemilikan untuk menggunakan suatu produk. 

 

Waktu turut berperan dalam proses pengambilan keputusan seseorang untuk melakukan pembelian secara online. Seseorang yang tidak memiliki cukup waktu untuk berkunjung ke toko fisik, dapat berbelanja di toko online tanpa dibatasi oleh kendala lokasi dan waktu karena salah satu kemudahan dari pembelian secara online yaitu bersifat realtime dan bisa diakses dimana saja. Sedangkan produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, dipakai, atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan .

 

Berdasarkan latar belakang dan uraian permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan waktu terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian pakaian online di e-commerce”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini